Masakan Tradisional Indonesia

Masakan Tradisional Indonesia

21 , Februari 2016 by Daun Ketumbar

Kita harus tau!

Kenapa kita harus bangga dengan makanan-makan luar negeri, sedangkan negara kita sendiri luarbiasa mempunyai keunggulan di bidang kuliner yang dimancanegara, makanan Indonesia menjadi salah satu masakan 'top world'. Banyak sekali kelebihan - kelebihan makanan tradisional Indonesia yang mungkin belum kita pahami:

 

1.Rendah lemak

Makanan tradisional Indonesia itu lebih rendah lemak. Berbeda dengan makanan luar negeri yang mengandung banyak lemak. Misalnya makanan tradisonal seperti gado-gado, pecel atau makanan tradisional lainnya yang sehat. Sekalipun itu bersantan, makanan Indonesia tetap aman dikonsumsi selagi tidak berlebihan dan banyaklah minum air mineral setelah konsumsi makanan bersantan.

 

2.Lebih alami/non kimiawi/Segar

Zat-zat kimia yang terkandung dalam makanan dan minuman yang berfungsi sebagai pemanis sintetis, pengawet, pewarna, serta penyedap rasa lainnya, bila dikonsumsi dalam jangka panjang bisa menyebabkan penyakit kanker dan penyakit degeneratif lainnya. Kita ambil contoh untuk membuat jajanan pasar tradisional, tidak perlu bahan pengawet, karena bahan jajanan tradisional, hanya berbahan dasar sederhana, seperti kelapa, gula jawa, daun pandan, perasan sari buah, dsb. Sangat aman dikonsumsi karena makanan tradisional tidak bertahan lama karena hanya bisa disantap dalam keadaan yang selalu segar sebab tidak adanya pemakaian bahan pengawet dan pewarna berbahaya hanya berbahan dasar alami.

 

3.Banyak mengandung serat

Bahan makanan lokal merupakan salah satu kekayaan budaya kuliner Indonesia. Umbi-umbian seperti ubi, talas, singkong, gadung dan bentoel banyak ditanam oleh petani selain palawija dan padi-padian. Umbi -umbian tersebut mudah diperoleh di pasar tradisional dengan harga yang lebih murah. Selama ini masyarakat menganggap umbi-umbian ini ketinggalan jaman dan kurang bergizi.

 

4. Harganya lebih murah

Makanan yang sehat dan bergizi tidak perlu mahal. Banyak makanan tradisional yang baik dan sehat, seperti nasi uduk yang kaya dengan kandungan protein karena ada ayam, telur, tempe, dan lain-lain. Demikian pula halnya dengan sumber makanan hewani seperti ikan kembung, ikan patin, ikan teri, ikan lele, dan belut, memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi. Hampir sama dengan yang terkandung dalam ikan salmon yang harganya jauh lebih mahal.

 

5.Kaya

Indonesia memiliki varian rempah-rempah alami paling kaya di dunia. Masih ingatkah, jika dulu VOC sampai mati-matian menjajah Indonesia sampai penghabisan hanya demi ingin merauk rempah-rempah kita? Karena mereka tau bahwa rempah-rempah Indonesia tidak akan pernah habis.

Ini baru sebagian kelebihan makanan tradisional Indonesia. Masih sangat banyak lagi kelebihan lainnya. Yuk mulai sekarang kita bersama-sama membuat masakan tradisional Indonesia ini bangkit lagi. Ditengah gempuran dahsyat masakan non lokal disekeliling kita, sekarang saatnya masakan tradisional Inodnesia bangkit menggempur dunia. 

 

Lalu, masih inginkah untuk berpaling dari masakan tradisional Indonesia kita tercinta? Jika bukan kita yang melestarikan, siapa lagi? ?


Masakan Tradisional Indonesia, Produk Indonesia Terbaik, Resep Masakan Tradisional Indonesia, Save Masakan Indonesia,